Jumat, 20 Agustus 2010

Friday Knowledge Sharing : Listen..then Lead!

Hari ini FKS yang menarik, presented by CSA. Sharing ini bersumber dari pengalaman CSA ikut training Coaching and Counselling by Reza Gunawan, beberapa waktu lalu di AI. I supposed to join but unfortunately I've got another duty..hmm..Training ini juga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Di sharing ini, ditekankan bagaimana menjadi pendengar yang baik menurut tekniknya Zen, supaya lawan bicara(yang curhat alias yang punya masalah) bisa menemukan akar masalah dan siap membasminya. Dan insightnya adalah, saat mendengarkan, kita harus berusaha mengosongkan pikiran kita sendiri. Dan benar2 fokus..Faktanya : susah ya! hehe...tapi at least we try...dan tidak usah berusaha untuk menemukan solusi buat orang yang curhat..karena solusi yang kita buat pasti berdasarkan persepsi dan pengalaman pribadi kita masing-masing, dan itu belum tentu bekerja untuk orang lain.

Kemudian respon kita juga menentukan keberhasilan dari teknik ini. Tadi diberi contoh, ketika kita mendengarkan si A yang sedang bermasalah misalnya. Respon kita seperti : mengangguk, menggumam(hmm), mengiyakan (ya..), akan membuat si A bercerita lebih banyak lagi dan nantinya masalah si A akan terurai dan si A akan menemukan sebab dari masalahnya.

Dan fakta menyebutkan, at leat 1% saran mapupun solusi itu berhasil buat orang lain (perlu dilihat lagi sih ini penelitian darimana..).

CMIIW ya siapapun yang baca post ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar